Breaking News

Berita Pilihan

September 11, 2015

TIPS JITU MEMUTIHKAN GIGI DENGAN ARANG


sebelum membahas kesana lebih baik kita tau dulu apa penyebab gigi menguning dan hitam karna percuma bila kita berusaha memutihkan gigi bila hal penting yang kita tidak sadari malah kita lakukan yang juga menimbulkan efek parah
berikut faktor gigi menguning
Kebersihan Gigi dan Mulut

Kebersihan atau kesehatan gigi dan mulut yg buruk adalah penyebab utama gigi berwarna kuning. Banyak pendapat mengatakan bahwa gigi kuning bisa menyebabkan berbagai macam masalah, padahal kebersihan gigi dan mulut yg buruklah yg selalu jadi biang keladi dan sejumlah masalah gigi dan mulut, termasuk menyebabkan gigi berwarna kuning.

* Menyikat Gigi Setelah Makan yg Manis
Saking takutnya ada bakteri yg tinggal di gigi, maka kamu akan buru-buru menyikat gigi setelah makan yg manis-manis. Benarkah hal ini? Ternyata justru hal ini salah. Setelah proses pengunyahan, maka mulut cenderung bersifat asam. Saat ini akhirnya gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi.
Kalo kamu terburu-buru menyikat gigi, maka enamel ini akan terbuang sia-sia dan bakteri justru bebas berkembang. Untuk itu sangat disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan yg manis-manis.

* Obat Pemutih Gigi
Bagaimana bisa pemutih gigi malah membuat gigi menjadi kuning? Well, ternyata cara kerja pemutih gigi ini gak sesederhana yg kita pikirkan. Kebanyakan, pemutih gigi bekerja dengan mengerosi gigi. Dan seringkali, pemutih gigi yg dikenakan di rumah, gak bekerja secara maksimal. Bukannya memutihkan, mereka malah mengikis gigi, membuatnya rapuh dan kuning.

* Kebiasaan Makan
Makanan dan minuman yg kita konsumsi bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan warna pada gigi. Minuman seperti teh, kopi, dan soda mempunyai efek "mewarnai" gigi. Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan stain (warna) pada gigi oleh karena adanya akumulasi nikotin pada gigi.

* Terlalu sering Mengkonsumsi Teh Herbal
Menjaga kelangsingan tubuh serta kesehatan dengan teh herbal menjadi kebiasaan yg umum akhir-akhir ini. Tubuh terasa lebih bugar, dan lebih langsing. Tapi ternyata teh herbal ini membawa efek samping yg buruk bagi gigi. Mereka yg rutin mengonsumsi teh herbal cenderung memiliki gigi kuning.
Menanggapi hal ini, para peneliti Jepang, seperti dilansir Dailymail, menyarankan agar para konsumen teh herbal lebih memilih teh hijau. Kandungan katekin di dalam teh hijau dipercaya dapat menekan bakteri pemroduksi asam di gigi, sehingga gigi kuning lebih mudah dicegah.

* Minuman Berenergi
Karena dibuat untuk menggantikan energi dan garam yg hilang saat berolahraga, maka minuman berenergi dilengkapi dengan gula dan asam.
Berdasarkan studi yg dilakukan University of Birmingham, ditemukan bahwa minuman berenergi bersifat korosif ketimbang air mineral. Zat kimia yg terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi.

* Merokok
Rokok juga membuat gigi menjadi kuning. Kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan ruang mulut menjadi asam, nikotin-nikotin terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Gak heran kalo mereka yg merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih.

* Membuka Kemasan dengan Gigi
Saking kuatnya gigi dan gak ada gunting di sekitar kamu, maka kamu memutuskan membuka kemasan dengan gigi kamu. STOP kebiasaan ini! Tanpa kamu sadari, kebiasaan ini akan membuat gigi lebih mudah rapuh dan lemah. Ketika gigi rapuh, secara otomatis warnanya tidak akan sehat dan cenderung menguning.

* White Wine (Anggur Putih)
Mungkin berpikir bahwa anggur merah justru buruk untuk gigi, karena warna merahnya. Tapi ternyata anggur putih justru memberikan efek lebih buruk bagi gigi, karena Anggur putih lebih cepat mengikis gigi,” ungkap Dr Paul Ashley, direktur institusi kesehatan gigi, di University College Hospitals..

* Kandungan Klorin saat Berenang
Hasil studi yg dilakukan terhadap 500 orang perenang menyebutkan bahwa 66% dari perenang mengalami kerusakan pada gigi serta gigi kuning.
Hal ini disebabkan karena kandungan klorin yg tinggi di dalam air kolam. Klorin tersebut mempengaruhi pH air yg menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu, jangan lupa menyikat gigi setelah berenang.

* Efek dari Obat Mata
Mungkin kamu bingung, apa hubungan obat tetes mata dengan kuningnya gigi. Tapi obat tetes mata ini memang menjadi salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Kandungan kimia dalam obat tetes mata menekan produksi saliva. Di mana saliva akan menetralisir asam di dalam mulut. Karena jumlah saliva ini berkurang, secara otomatis asam di dalam mulut akan meningkat. Di sini bakteri akan berkembang biak lebih pesat, sehingga gigi menjadi kuning.

* Faktor Alami
Beberapa orang memang diciptakan dengan gigi berwarna kuning. Hal ini bukan suatu kelainan atau kecacatan. Sebenarnya sebagian besar dari permukaan terluar gigi (yg dinamakan email) manusia berwarna putih. Tapi, lapisan di bawahnya yg disebut "dentin" secara alami memang berwarna kuning.
Dalam beberapa kondisi, lapisan email yg gak mengalami mineralisasi dengan baik akan menyebabkan warna dentin menjadi jelas, sehingga tampaklah gigi tersebut berwarna kuning. Kamu gak bisa mengubah warna gigi alami ini kecuali kalo Kamu menggunakan metode pemutihan gigi.

* Faktor Penuaan
Kamu harus menerima kenyataan bahwa kuningnya gigi adalah bagian dari terjadinya penuaan yg alami. Tapi sebaiknya Kamu hati-hati pula dalam menjaga kebersihan. Selama jangka waktu tertentu, agen stain (bahan yg melekat pada permukaan gigi) bisa menimbulkan warna kuning pada gigi Kamu.
Semakin banyak agen stain yg melekat pada permukaan terluar (email) gigi Kamu, semakin warna putih (email) gigi Kamu tertutupi dan akhirnya warna kuning gigi akan terlihat.

* Penyakit Diabetes
Gak bisa dipungkiri bahwa penyakit yg satu ini memang menyumbangkan efek gigi kuning, rapuh bahkan keropos. Sayangnya, banyak penderita diabetes gak menyadari bahwa penyakitnya ini juga mempengaruhi keadaan giginya.

# Tips
Kalo Kamu mempunyai gigi yg berwarna kuning, jangan minder, karena ini gak berarti gigi Kamu lebih buruk dari gigi putih. Warna gigi tak mempengaruhi kesehatan. Poin penting yg utama adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apa gunanya gigi putih cemerlang kalo gak sehat?


Gigi adalah sebagian dari mahkota dalam wajah kita, apalagi untuk wanita tentu saja gigi menjadi perhatian lebih dalam perawatan. Selain menunjukan tingkat kesehatan seseoarang maka gigi juga merupakan faktor penentu terpenting akan kecantikan seorang wanita. Gigi putih bersih dengan email gigi yang mengkilat tentu saja menjadi dambaan bagi semua orang baik pria apalagi wanita, untuk itulah manusia sejak dahulu melakukan berbagai macam cara untuk kesehatan dan kemuliaan giginya. Kali ini kita akan membahas bagaimana Cara memutihkan gigi dengan arang terbukti cepat dan aman ala Naila Ikrima.
Bahan yang digunakan memutihkan gigi dengan aman:
  • Arang kelapa
  • Pasta gigi
Cara membuat pemutih gigi dengan arang:
  • Arang kelapa ditumbuk hingga halus dan di ayak menggunakan ayakan kopi hingga tersaring dan jadilah bubuk arang yang halus dengan bentuk mirip butiran namun ukuranya sangat kecil
  • Bubuk arang kelapa di campurkan tanpa air dengan pasta gigi dengan perbandingan 2:1 (dua banding satu) lalu dilumat hingga tercipta campuran yang solid
  • Simpan adonan ini pada wadah yang tertutup rapat dan bisa digunakan berulang ulang
Cara menggunakan arang untuk memutihkan gigi dengan cepat dan aman
  • Oleskan pasta gigi dari arang yang telah kita buat dengan cara diatas pada sikat gigi favorit kamu
  • Basahi dengan sedikit air lalu gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa
  • Gosoklah gigi dengan benar selama dua menit
  • Lalu berkumurlah untuk membersihkan sisa pasta gigi
  • Sikat gigi anda sekali lagi tanpa menggunakan pasta gigi arang tadi untuk membersihkan sisa arang yang masih ada pada rongga mulut. Selesai.
Seperti kita ketahui bersama, arang memiliki sifat alkali dengan sehingga membuat lingkungan sekitar arang menjadi basa, kadar basa pada arang tentu saja sangat membantu dalam proses pembersihan gigi. Pada level tertentu basa bisa berbahaya untuk tubuh kita namun kadar basa dalam arang masih pada taraf yang sangat aman untuk tubuh manusia, untuk itulah arang bisa digunakan sebagai alternatif  cara memutihkan gigi dengan cepat.
Bubuk arang yang telah kita saring berbentuk butiran halus, hal ini juga sangat menunjang untuk memutihkan gigi dengan aman karena bersifat abrasive alias mirip dengan kertas amplas namun sangat halus dan aman. Cara membersihkan gigi dengan arang juga telah dikenal sejak zaman dahulu kala tapi jaman dulu nenek moyang kita bisa jadi tidak tau mengapa arang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, tidak tau pula bagaimana cara kerja arang membersihkan gigi dan memutihkanya.
Banyak sekali cara orang untuk membuat gigi menjadi putih bersih dan bersinar dan pada postingan berikutnya sy akan coba untuk membuat tips-tips lainya agar kita bisa tau banyak cara membuat gigi putih. Khusus pada postingan memutihkan gigi dengan arang kali ini saya telah mencobanya dan hasilnya sangat memuaskan, memang rasanya agak aneh pada awalnya tapi setelah beberapa kali menggunakanya saya menjadi terbiasa dan enjoy aja. Yang jelas rongga mulut terasa kesat dan nyaman dan gigi pun menjadi lebih cepat putih dan cepat bersih. Mungkin ini pengaruh sifat abrasiv tadi jadi kotoran gigi mudah hilang sehingga email gigi bisa mengkilat. Namun sekarang saya kembali menggunakan pasta gigi biasa karena males juga ya bikinya, hehee...
Sempat juga saya penasaran apakah sifat abrasih pada arang yang telah saya campurin dengan odol ini bisa membersihkan selain gigi dan iseng -iseng saya mencoba untuk membersihkan telepon rumah dan hasilnya luar biasa, telpon yang permukaanya agak kasar itupun  menjadi bersih sekali bahkan tulisan merk panasonik yang ada pada telepon rumah itupun hampir terkikis oleh ramuan keren ini, kalo ga percaya boleh coba sendiri deh dirumah.  Caranya mudah saja seperti membersihkan gigi, saya juga gunakan sikat gigi untuk menyikatnya. Sikat diberi ramuan arang plus odol yang kita buat tadi lalu digosok dan disikat dengan ditambah sedikit air.
Nah sekarang sudah tau kan bagaimana cara memutihkan gigi dengan arang, selamat mencoba ya
Dan kalo berhasil jangan lupa datang lagi ke blog ini lalu kasih komen bagaimana pengalaman kawan-kawan memutihkan gigi dengan arang.jangan lupa kasih gplus ya :)
boleh copas tapi jangan lupa kasih link saya aktifnya :)

2 comments:

  1. Tapi apakah tidak akan merusak email gigi ? Clean Me pasta gigi sepertinya lebih baik digunakan sebagai pemutih gigi daripada arang deh

    ReplyDelete
  2. Itu kelapa nya di bakar penuh apa kulit bagian luar nya aja

    ReplyDelete

Berbagi ilmu pengetahuan dan trik internet, silakan bertanya sesuai artikel yang Anda baca, terima kasih.

Designed By