Breaking News

Berita Pilihan

July 24, 2016

cara menjaga kesehatan vagina untuk wanita

Kesehatan Reproduksi Wanita adalah keadaan sehat seluruh Organ Reproduksi serta proses reproduksi yang normal. Sehingga kesehatan reproduksi wanita bukan hanya kondisi bebas penyakit, Dan bagaimana cara tepat dan mudah menjaga Kesehatan tersebut, bisa anda perhatikan dalam penjelasan berikut:
Reproduksi wanita merupakan salah satu bagian tubuh dari pada kaum hawa yang sangat rentan akan terserang penyakit karena cukup banyaknya aktivitas yang terjadi pada sistem reproduksi tersebut. namun bagaimana seseorang dapat memiliki kehidupan seks yang aman.



baca juga :manfaat-kumis-kucing-untuk-obat.


Menjaga kesehatan Alat Reproduksi Wanita sangat penting Dan bagaimana cara tepat dan mudah menjaga Kesehatan tersebut, bisa anda perhatikan dalam penjelasan berikut:

Reproduksi wanita merupakan salah satu bagian tubuh dari pada kaum hawa yang sangat rentan akan terserang penyakit karena cukup banyaknya aktivitas yang terjadi pada sistem reproduksi tersebut. Pada wanita, tentunya anda akan mengalami masa menstruasi dan juga masa melahirkan. Maka dari itu, penting bagi para wanita untuk mengenal dan mulai menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan baik dan benar.

baca juga : jenis-makanan-yang-bisa-bikin-kamu.awet muda html

Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai kesehatan reproduksi wanita beserta bagian yang terdapat pada sistem reproduksi tersebut. Pertama-tama, akan dijelaskan mengenai bagian yang terdapat pada sistem reproduksi yang dimiliki oleh wanita. Bagian-bagian tersebut antara lain yaitu:

•    Terdapat vagina dan leher rahim, alat ini berfungsi sebagai tempat masuknya sperma dalam membuahi sel telur.

•    Kemudian terdapat bagian ovarium, dimana di bagian inilah terjadi pembuahan sel telur dan juga mengatur hormon pada wanita.

•    Selain itu, terdapat juga saluran tuba. Saluran ini merupakan tempat terjadinya pembuahan serta pertumbuhan embrio pada minggu kedua.

•    Tidak kalah pentingnya yaitu rahim, seperti yang diketahui bahwa rahim menjadi tempat embrio berada dan tertanam selama masa pertumbuhan janin sembilan bulan.

Setelah mengetahui mengenai bagian-bagian sistem reproduksi wanita, dimana keseluruhannya merupakan bagian penting bagi seorang wanita. Kini akan dijelaskan pula mengenai kesehatan reproduksi wanita. Bahwa banyak pendapat tentang kesehatan ini bukan hanya sekedar kebersihan alat reproduksinya saja. Melainkan juga menjadi cara anda untuk menjaga sistem reproduksi tersebut agar tetap bersih dan anda bisa dengan aman serta nyaman dalam menikmati hubungan seksual anda.

Maka dari itu, disini akan dijelaskan mengenai cara tepat menjaga kesehatan reproduksi wanita agar terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya, adapun cara-cara tersebut antara lain yaitu:


Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

1. Jauhilah dari kebiasaan merokok. Tahukah anda, bahwa dengan membiasakan diri merokok akan merusak bagian ovarium anda dimana bagian ini penting adanya dalam proses pembuahan sel telur. Jika bagian ini rusak makan akan berpengaruh pada saat masa pembuahan dan kemungkinan besarnya akan mengalami kegagalan dalam pembuahan.

2. Pola makan teratur, kontrol berat badan dan lakukan diet. Salah satu penyebab lambatnya proses kehamilan pada wanita terjadi karena wanita tersebut mengalami kegemukan. Jika anda termasuk wanita gemuk, makan anda akan mengalami masalah menstruasi yang tentunya akan mengganggu pula pada masa reproduksi anda. Namun, terlalu kurus pun tidak baik karena pada kondisi tubuh anda yang terlalu kurus maka akan menghambat berkembangnya hormon estrogen.

3. Lakukanlah aktivitas seks yang aman. Seks menjadi salah satu peran utama juga bagi anda yang ingin menjaga kesehatan alat reproduksi anda. ingatlah bahwa penyakit berbahaya seperti HIV AIDS bisa menular melalui hubungan seks, maka dari itu penting adanya bagi anda untuk mengingat tentang melakukan hubungan seks yang aman demi kesehatan anda dan juga masa reproduksi anda.

4. Usahakan untuk membuat jadwal pemeriksaan rutin alat reproduksi anda kepada dokter, dengan begitu anda akan mengetahui sedang mengalami masa yang sehat dan subur atau mungkin anda sedang terkena suatu penyakit. Jadi penting untuk anda melakukan pemeriksaan ini.

5. Jika anda terprediksi terkena suatu penyakit pada sistem reproduksi anda, usahakanlah untuk melakukan pengobatan secara maksimal hingga benar-benar sembuh. Jangan remehkan sakit yang berkelanjutan dan juga masa menstruasi yang tidak menentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter.

6. Hal terpenting yaitu jalanilah hidup sehat dengan makan makanan yang sehat, tidak merokok, tidur cukup, tidak stress dan olahraga dengan teratur.

7.    Bersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil atau air besar, dengan menggunakan air bersih. Dengan arah dari depan ke belakang.

8.    Saat memasuki masa siklus menstruasi, sering-seringlah mengganti pembalut terutama pada awal haid yang biasanya banyak mengeluarkan darah.

9.    Hindari (douching), yaitu memasukkan jari atau ejakulasi ke dalam vagina, meskipun itu bertujuan membersihkan bagian dalam vagina. Aktifitas yang anda lakukan ini akan menghilangkan bakteri loctobacili dan juga memicu iritasi kulit.

10.    Jangan menggunakan sabun atau menyapu shower gel pada vagina karena akan memicu kondisi kering, iritasi kulit dan akan menjadi gatal. Bahkan beberapa wanita sensitif dan alergi terhadap kandungan pewangi serta busa yang ada pada sabun.

11.    Lakukan pembersihan dengan menggunakan air pada alat kelamin baik itu suami ataupun istri ketika akan dan setelah melakukan hubungan badan. Sebaiknya anda juga membuang air kecil lebih kurang setengah jam setelah berhubungan badan, hal ini akan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

12.    Ganti celana dalam minimal 2 kali sehari, dan apabila anda mengalami keputihan, sebaiknya gunakan panty liner. Saat tidur sebaiknya tidak menggunakan celana dalam, agar sirkulasi udara dan darah lebih lancar.

13.    Kondisi bengkak nanah juga dikaitkan dengan infeksi dan pasien mengeluh sakit dan demam. Pengobatan pada gangguan kesehatan reproduksi ini secara incisional dan drainage bertujuan untuk mengeluarkan nanah dan konsumsi antibiotik. Gejala ini juga bisa terjadi pada wanita yang terlalu sering membersihkan bulu kemaluan. Sehingga kebersihan alat potong tersebut juga harus diutamakan.

14.    Keputihan normal terjadi pada waktu beberapa hari sebelum haid, ketika mengalami gairah seks, kehamilan dan klimakterik atau setelah menopause. Keputihan yang terjadi pada diluar waktu-waktu tersebut disertai bau tidak sedap, warna yang kuning / kehijau-hijauan, rasa gatal harus diwaspadai dan dikonsultasikan dengan dokter.

15.    Hindari penggunaan pembersih vagina yang dijual dipasaran, karena dapat menimbulkan efek samping dan mengubah ph vagina. Produk yang sebaiknya anda hindari adalah apabila setelah digunakan menimbulkan gatal, pedih dan kemerah-merahan.
Berbekal dengan tips Mudah Menjaga kesehatan Reproduksi Wanita tersebut diatas, tentu anda sudah dapat mempersiapkan saat-saat indah bersama pasangan. Kehamilan hanya akan terjadi pada sistem reproduksi yang sehat, bahkan juga akan mendukung proses persalinan normal pada bayi anda nantinya.

sekian tips kali ini smoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berbagi ilmu pengetahuan dan trik internet, silakan bertanya sesuai artikel yang Anda baca, terima kasih.

Designed By